The Secret dan Kemandirian Berpikir

 


#renungankoe #semangat #beraniberpikir #latihpikiran #merdeka #renungan #kontemplasi

Sumber foto: Image by Gerd Altmann from Pixabay, https://pixabay.com/illustrations/artificial-intelligence-brain-think-4389372/

Manusia adalah binatang yang berakal -punya otak dan bisa berpikir -kalimat bijak

Kemarin, setelah memilih beberapa buku yang akan jadi bacaan harianku, memasukkannya ke to do list, aku rasakan begitu malas membaca salah satu buku itu. Astaghfirullah.

Akhirnya, karena kalimat-kalimatnya penuh semangat dan rada provokatif –terakhir aku baca- aku tertarik untuk membuka ebook The Secret-nya Rhonda Bryne.

Judul bukunya sudah aku tahu sejak lama sejak zaman Quantum Ikhlas-nya Erbe Sentanu. Bertahun lewat, baru kali ini aku baca sendiri lembar demi lembar yang ada.

Di awal buku, kudapati pernyataan bahwa buku tersebut telah diberikan secara gratis. Agar semua orang bisa rasakan bahagia sepertihalnya dirinya. Dan tidak hanya individu saja, Rhonda juga berharap dunia bisa bahagia dengan kehadiran bukunya terebut. Sungguh impian luar biasa.

Semoga saja pernyataan tersebut benar adanya dari Rhonda. Sempat terbersit kalau kalimat itu hanya hoaks semata.

Yang jelas, malam kemarin sambil terkantuk aku coba baca minimal lima halaman, batinku dalam hati di awal membuka buku. Ternyata kurang lebih sepuluh halaman dan seketika mendapat aha.

Ya, Rhonda dan beberapa pakar yang berbicara dalam The Secret mengatakan bahwa kehidupan kita dibentuk oleh pikiran yang kita hasilkan, entah baik atau buruk, kita percaya dengan hal itu atau tidak. Ia adalah hukum alam yang berlaku di dunia ini.

Wah, aku seketika suprise sadari sedikit akibat dari pernyataan itu. Meski aku harus memelihara sikap skeptis, aku juga tertantang untuk membuktikan semua yang dikatakan Rhonda dkk dalam The Secret.

Dulu pernah baca buku Harun Yahya –semoga Allah ampuni, beri petunjuk dan rahmati beliau dkk selalu- hal yang mirip dengan apa yang dijelaskan Rhonda tetapi ku masih belum paham juga. Sekarang aku punya kesempatan untuk paham lebih dalam, mempraktekkan apa yang ada dalam The Secret sekaligus menantang teori lain yang telah hidup dan melekat dalam benakku.

Ya, kaidah Allah sesuai dugaan hamba-Nya masih juga menjadi tanda tanya yang belum temukan jawaban yang memuaskan bagiku. Apa yang dibawakan Rhonda dalam The Secret, hampir sama dengan hadits tersebut, berkaitan dengan pikiran –apa yang terpikir oleh otak.

Kali ini, aku berusaha untuk tidak bertanya ke senior, guru,mentor, siapa pun yang kurasa lebih paham untuk minta penjelasan, pendapat tentang The Secret. Aku ingin menjalani olah pikirku untuk yang pertama kali setelah sekian lama selalu hanya mendapati diri dicekoki oleh pemikiran dan pendapat orang lain.

The Secret bisa jadi akan jadi buku pertama yang menantang kembali otak dan pikiranku untuk mandiri dan berlatih kuat dari hari ke hari. Setelah sekian lama hanya sekedar menjadi pengikut sementara hidup kita adalah 100% tanggung jawab kita sendiri.

Jadi ... selamat datang Agustus. Bulan yang bagus untuk memulai kemandirian, keberanian dalam berpikir. Good luck for me, A God blesses me too, perhaps. Aamiin.

Yogya, Selasa, 03 Agustus 21 pkl 07.49 WIB


Komentar